Sekilas Samsung Galaxy A52 5G

Galaxy A52 5G memiliki desain yang lebih halus dari pendahulunya. Tampilan A51 yang mengkilap dan melengkung telah digantikan oleh estetika yang datar dan semarak yang mengingatkan pada Galaxy S21. Di AS, Galaxy A52 5G hanya tersedia dalam warna hitam semi-gloss yang terlihat bagus tetapi dengan cepat mengakumulasi sidik jari dan noda. Di belahan dunia lain, ia hadir dalam berbagai pilihan warna yang menyenangkan.

Dengan ukuran 6,3 x 3,0 x 0,3 inci (HWD) dan 6,7 ons, Galaxy A52 5G sedikit lebih besar dari Galaxy A51, tetapi masih kecil dan cukup ringan untuk dipegang dengan satu tangan.

Layar AMOLED 6,5 inci tanpa bingkai dengan kecepatan refresh 120Hz mendominasi bagian depan ponsel. Ini adalah layar yang bagus dengan warna-warna cerah dan hitam pekat. Resolusi hingga 2400 x 1080, dengan kerapatan piksel 405 piksel per inci. Sudut pandang sangat bagus dan cukup terang untuk digunakan di bawah sinar matahari langsung.

Sensor sidik jari di bawah layar mengecewakan. Berbeda dengan sensor ultrasonik pada Galaxy S21, sensor optik pada Galaxy A52 5G lambat dan tidak presisi. Kami lebih suka sensor yang dipasang di samping pada Galaxy A32 5G yang lebih murah, meskipun tidak begitu elegan.

Panel belakang hitam semi-gloss memiliki logo Samsung kecil, dan informasi peraturan yang lebih kecil tercetak di bagian bawah. Sebuah array besar kamera menempati sudut kiri atas.

Bagian atas Galaxy A52 5G adalah rumah bagi slot SIM/microSD. Di bagian bawah, Anda akan menemukan port USB-C, jack headphone, dan speaker stereo. Sisi kiri ponsel terbuka; Di sebelah kanan adalah tombol Bixby dan tombol volume. Jika Anda bukan penggemar Bixby, Anda dapat mengonfigurasi tombol untuk membuka aplikasi apa pun atau bertindak sebagai tombol daya.

Dibandingkan dengan ponsel lain dalam kisaran harga ini, Galaxy A52 unggul dalam daya tahan. Ini tahan air dan memiliki peringkat IP67 — fitur yang hilang dari Google Pixel 4a 5G dan bahkan Motorola Moto Edge seharga $699.99. Pelat belakang plastik harus menangani tetesan dan benturan kecil tanpa masalah. Layar Gorilla Glass 5 dapat menangani beberapa keausan, meskipun penurunan pada wajah kemungkinan akan menyebabkannya retak.

5G dengan biaya terjangkau untuk setiap operator

Versi tidak terkunci dari Galaxy A52 5G tersedia di situs web Samsung. Versi terkunci dijual melalui semua operator AS. Ini mendukung LTE dan 6GHz sub-6GHz 5G di semua jaringan utama.
Kami menguji Galaxy A52 5G di Chicago pada jaringan “5GE” AT&T, yang pada dasarnya diganti namanya untuk cakupan LTE, bukan 5G nyata. Selama pengujian kami di beberapa lingkungan yang berbeda, kecepatan data ponsel sangat buruk, rata-rata 2,67Mbps dan 0,84Mbps. Ini hampir kesalahan jaringan, bukan kesalahan telepon: Modem Snapdragon X52 di Galaxy A52 5G memiliki bandwidth 100MHz, mendukung 4×4 MIMO pada jaringan di bawah 6GHz dan mampu melakukan kecepatan yang jauh lebih tinggi.

Kualitas panggilan sangat baik. Volume headphone mencapai maksimum pada 86dB, yang cukup keras untuk hampir semua lingkungan. Panggilan uji kami jelas dan pembatalan bising bekerja dengan sempurna di setiap panggilan.

Kualitas suara lebih baik di Galaxy A52 5G daripada di Google Pixel 4a 5G dan sebagian besar ponsel berharga sekitar $500. Speaker stereo dengan tuning Dolby Atmos terdengar sangat bagus. Dengan volume maksimal 94dB, speaker dapat dengan mudah mengisi ruangan. Mid terwakili dengan baik dan ada sedikit bass, tetapi Anda akan ingin mengambil sepasang headphone yang layak sebelum Anda membuka Spotify untuk perjalanan pagi Anda.

Galaxy A52 5G memiliki Wi-Fi dual-band, tetapi Wi-Fi 6 tidak ada. Bluetooth 5.0 tersedia untuk komunikasi yang dapat dikenakan dan konektivitas suara, seperti NFC untuk pembayaran seluler.

Kamera yang familiar

Jajaran kamera Galaxy A52 5G yang tampil impresif tidak jauh berbeda dengan Galaxy A51. Sensor utama 64MP dengan aperture f/1.8, optical image stabilization dan autofocus, menggantikan sensor 48MP yang dikirimkan bersama Galaxy A51. Sisa lensa di kedua ponsel memiliki spesifikasi yang sama: lensa ultra lebar 12 megapiksel dengan bukaan f/2.2, kedalaman 5 megapiksel dan lensa makro dengan bukaan f/2.4, serta kamera depan 32 megapiksel.

Bidikan uji siang hari kami tajam, dengan kedalaman bidang yang sangat baik. Warnanya cerah dan sedikit jenuh, seperti yang biasa terjadi pada ponsel Samsung. Sensor ultrawide pada A52 5G tampaknya sama seperti pada A51 yang lebih lama, tetapi kami tidak melihat adanya distorsi tepi pada foto pengujian kami dengan pencahayaan yang baik.