Spesifikasi dan Software Asus ROG Phone 5 Ultimate

Sementara Asus menawarkan tiga versi ROG Phone 5 pada saat diluncurkan beberapa bulan yang lalu, ROG Phone 5 Ultimate kelas atas baru sampai ke India sekarang. Ketiganya dirancang khusus untuk bermain game, dengan perangkat keras terbaik termasuk SoC Qualcomm Snapdragon 888 dan tombol AirTrigger yang dipasang di bahu, di antara fitur-fitur tidak biasa lainnya. Versi dasar ROG Phone 5 sudah pasti kuat, tetapi seperti namanya, ROG Phone 5 Ultimate memuat dengan sempurna ke dalam insang. Saya menguji ROG Phone 5 Ultimate untuk melihat apakah ini adalah ponsel gaming terbaik di luar sana.

Desain Asus ROG Phone 5 Ultimate

Asus ROG Phone 5 Ultimate adalah perangkat yang hebat dan memiliki beberapa kesamaan dalam desain dengan pendahulunya. Ini memiliki layar besar 6,78 inci dengan rasio aspek 20,4: 9. Batas di samping relatif tipis tetapi ada bezel yang sedikit lebih besar di bagian atas dan bawah. Asus telah menempatkan kamera selfie dengan rapi di ruang di atas layar, dan ada speaker di bagian atas dan bawah untuk output stereo dalam mode lansekap.

Bingkai ROG Phone 5 Ultimate terbuat dari logam dan memiliki kesan yang bagus. Semua tombol berada di sisi kanan, dengan tombol power terletak hampir seluruhnya di tengah. Tombol volume sedikit lebih keras dan lebih mudah dijangkau. Ada juga lubang mikrofon di sebelah tombol power. Asus juga telah menerapkan tombol pemicu ultrasonik yang disebut “AirTriggers” di sisi yang sama. Penempatannya sangat bagus dan jari telunjuk saya bertumpu secara alami di atasnya saat memegang ponsel dalam mode lanskap untuk bermain game.

Sisi kiri ROG Phone 5 Ultimate memiliki port Type-C dan konektor khusus untuk aksesori ponsel ROG. Port Type-C tambahan ini dapat digunakan untuk mengisi daya smartphone saat bermain dalam mode landscape, sehingga kabel tidak menghalangi. Asus telah menutupi kedua port ini dengan penutup karet yang dapat dilepas. Baki SIM ini juga ada di sebelah kiri, dengan warna biru cerah. Ini memiliki dua slot NanoSIM tetapi tidak ada slot kartu microSD untuk ekspansi penyimpanan. Tidak ada apa-apa di bagian atas, tetapi ROG Phone 5 Ultimate memiliki port USB Type-C di bagian bawah bersama dengan jack headphone 3.5mm.

Asus telah membuat bagian belakang ROG Phone 5 Ultimate menggunakan Corning Gorilla Glass 3. Smartphone ini tidak memiliki lubang logam di bagian samping seperti pendahulunya, ROG Phone 3 (Review) dan ROG Phone 2 (Review). Ada modul tiga kamera di sudut kiri atas, yang sedikit menonjol. Di tengah panel belakang terdapat layar PMOLED monokrom yang menyala saat layar dihidupkan, dan dapat disesuaikan untuk menampilkan grafik yang berbeda. Ini juga menampilkan peringatan untuk panggilan masuk dan gerakan saat game diluncurkan. Ada dua pemicu udara tambahan di bagian belakang yang dapat diakses sambil memegang telepon dalam mode lansekap. Panel belakang memiliki lapisan matte yang menyembunyikan sidik jari dengan baik.

ROG Phone 5 Ultimate terasa besar karena ukurannya, dan bobotnya yang 238 gram terlihat saat dibawa atau dipegang. Jika Anda tidak menyukai smartphone besar dan besar, Anda tidak akan menemukan ROG Phone 5 Ultimate menarik.

Dengan ROG Phone 5 Ultimate, Anda mendapatkan pendingin AeroActive clip-on dan pengisi daya 30W di dalam kotak. Anda dapat memasang pendingin AeroActive ke bagian belakang ROG Phone 5 untuk membantu menghilangkan panas dengan lebih baik. Asus juga menambahkan dua tombol peluncuran fisik, yang dapat diatur untuk bermain game.

Spesifikasi dan Software Asus ROG Phone 5 Ultimate

Asus ROG Phone 5 Ultimate memiliki layar AMOLED 6,78 inci dengan rasio aspek 20,4:9, dan panel ini telah bersertifikat HDR 10+. Kecepatan refresh maksimum adalah 144Hz dan kecepatan pengambilan sampel sentuh adalah 300Hz. Ada juga pemindai sidik jari dalam layar. Kecerahan puncak adalah 1200 nits, dan Asus menggunakan Corning Gorilla Glass untuk perlindungan.

Asus memilih Qualcomm Snapdragon 888 SoC untuk memberi daya pada ROG Phone 5 Ultimate. Itu adalah prosesor unggulan 2021 Qualcomm pada saat peluncurannya dan tetap menjadi salah satu SoC paling kuat di pasar. Prosesor ini kompatibel dengan RAM LPDDR5 18 GB dan penyimpanan UFS 3.1 512 GB, yang mungkin tampak berlebihan bagi kebanyakan orang. Mengingat perangkat kerasnya, ROG Phone 5 Ultimate seharusnya bisa menangani setiap judul di Google Play Store.

Anda mendapatkan dukungan untuk Bluetooth 5.2, Wi-Fi 6, enam sistem navigasi satelit, 5G ganda, serta 4G VoLTE. Ponsel ini ditenagai oleh baterai 6000mAh yang terbagi menjadi dua sel masing-masing 3000mAh. ROG Phone 5 Ultimate mampu mengisi daya cepat 65W tetapi hanya dilengkapi dengan pengisi daya 30W di dalam kotak.

ROG Phone 5 Ultimate berjalan pada Android 11 dengan antarmuka pengguna ROG Asus di atasnya. Itu memiliki Patch Keamanan Android November pada saat ulasan ini. ROG UI disesuaikan untuk menarik para gamer, tetapi jika Anda menginginkan tampilan Android biasa, Anda dapat beralih ke itu di aplikasi Tema. Ada beberapa aplikasi pra-instal seperti Facebook, Instagram, Netflix, dan Messenger. Saya tidak menemukan pemberitahuan yang tidak diinginkan selama periode peninjauan.

Beberapa gerakan telah diterapkan, tetapi tidak banyak yang diaktifkan secara default. Anda dapat mengetuk layar dua kali untuk membangunkan ponsel atau menidurkannya. Smart Answer secara otomatis menjawab panggilan masuk saat Anda mendekatkan ponsel ke telinga. Anda juga dapat melacak huruf alfabet tertentu di layar untuk meluncurkan aplikasi yang telah ditentukan sebelumnya.

Asus juga menginstal aplikasi Armory Crate-nya sendiri, yang menampilkan semua game yang diinstal pada smartphone. Layar konsol menampilkan parameter perangkat seperti penyimpanan, RAM, tingkat baterai, dan suhu sistem. Ini juga menampilkan kecepatan clock CPU dan GPU bersama dengan suhu. Ada mode daya yang berbeda yang dapat dipilih di aplikasi ini. X Mode terhubung ke semuanya hingga sebelas, memberi Anda semua kekuatan yang ditawarkan ponsel ini. “Dynamic” menjaga keseimbangan daya dengan panas dan masa pakai baterai, sementara “Ultra Endurance” berfokus pada penghematan daya.