Spesifikasi dan Perangkat Lunak Nokia XR20

Tidak setiap hari saya menemukan smartphone yang bisa melakukan sesuatu yang luar biasa. Sebagian besar smartphone premium akhir-akhir ini terlihat menarik dan memiliki serangkaian kamera di bagian belakang, tetapi biayanya berhenti di situ. Jadi, ketika HMD Global meluncurkan Nokia XR20 di India, saya sangat tertarik, terutama karena saya adalah ayah dari seorang anak berusia dua tahun yang suka menguji smartphone untuk penyiksaan. Itu juga terlihat sedikit berbeda. Jadi, ketika saya menerima unit review, saya memiliki dua pertanyaan besar: Apakah eksterior Nokia XR20 yang tangguh dan tahan lama sebanding dengan harga premiumnya, dan apakah masih terdengar jika saya menyerahkannya kepada anak saya? Baca terus untuk melihat bagaimana saya menemukan jawabannya.

Desain Nokia XR20

HMD Global menghadirkan ponsel ini dalam materi iklannya sebagai “Dirancang untuk Jangka Panjang”. Secara teknis, ponsel mana yang tidak? Anda masih akan mendapatkan ide yang lebih baik tentang tujuan mereka hanya dengan membawa tangki smartphone ini. Ini jauh lebih besar dari yang saya harapkan, berukuran 171,64mm (H) x 81.5mm (W). Ini juga cukup tebal di 10.64mm tapi ternyata tidak seberat yang saya harapkan. Meskipun memiliki eksterior ekstra kasar, berat Nokia XR20 tidak lebih dari iPhone 13 Pro Max (sekitar 240 gram). Meskipun berat menurut standar ponsel cerdas biasa, itu tidak buruk untuk perangkat yang kokoh. Google Pixel 4a saya terlihat seperti smartphone kecil di sebelahnya, yang juga berarti bahwa XR20 tidak ideal untuk operasi satu tangan.

Dalam hal desain kosmetik, Nokia XR20 terlihat sebagai bagian dan tampak seolah-olah membutuhkan banyak pukulan. Sementara smartphone paling kuat terlihat paling tebal, dengan desain semi-militer, HMD Global telah membuat ponsel ini terlihat unik dan modern.

Bagian luar terbuat dari komposit polimer dan aluminium. Interiornya, menurut Nokia, memiliki bingkai aluminium. Layar dilindungi oleh Corning’s Gorilla Glass Victus, bahan terkuat perusahaan saat ini untuk smartphone. Senyawa polimer mudah digenggam, tetapi yang terpenting, sangat tangguh. Saya telah meletakkan perangkat di semua jenis permukaan tempat saya biasanya meletakkan ponsel cerdas, dan tidak ada satu goresan pun yang tergores.
Karena ini adalah ponsel tangguh dengan peringkat IP68, saya mengambil langkah lebih jauh. Saya membawanya untuk mandi cepat dan menelepon di bawah air mengalir. Seperti yang diharapkan, panggilan sangat lemah, karena penerima terendam air. Selain itu, layar tidak merespons input sentuhan dengan baik setiap kali ada air yang mengalir di atasnya.

Dengan eksterior tangguh XR20, saya merasa yakin bahwa ponsel ini tidak dapat dihancurkan, memberikan ketenangan pikiran kepada pembeli. Saya bahkan menjatuhkan ponsel beberapa kali dari jarak sekitar 1,8m (5,9 kaki), dan hanya berhasil membuat lubang kecil di cincin di sekitar modul kamera. Faktanya, menggunakan ponsel ini secara maksimal membutuhkan banyak hal yang tidak kita ketahui sebelumnya, memanjakan smartphone kita dengan casing bumper dan pelindung goresan.

Nokia XR20 seharusnya dapat menangani apa saja dalam hidup saya sebagai konsumen biasa, termasuk tangan anak saya yang berusia 2 tahun. Jadi, jika Anda adalah orang tua dan telah melalui beberapa layar atau ponsel yang rusak, ini mungkin pilihan yang menarik untuk Anda.

Ada tombol Google Assistant di sebelah kiri, tombol power dengan pembaca sidik jari built-in di sebelah kanan, dan tombol volume tepat di atasnya. Ada tombol merah khusus keempat, yang disebut Nokia sebagai Tombol Darurat, dan dapat diprogram sepenuhnya. Saya mengaturnya untuk mengubah profil suara ponsel dengan menekan sebentar dan menyeret kalkulator dengan menekan lama. Tindakan ini dapat diatur untuk berbagai fungsi, dan Anda bahkan dapat menggunakan tombol ini untuk membuka aplikasi pilihan Anda.

Tombol Asisten Google terasa lembut dan tidak wajar. Saya sering berakhir secara tidak sengaja mengaktifkan asisten suara ketika saya mengambil smartphone karena tombol itu cukup rendah di sisi kiri. Untungnya, saya dapat menonaktifkan fungsi di pengaturan.

Nokia XR20 memiliki panel LCD 6,67 inci dengan resolusi Full HD+. Ini menampilkan bezel yang terasa lebih tebal di keempat sisinya, dan perlindungan tambahan pada bodi ponsel membuatnya tampak lebih tebal. Ada speaker stereo, dan jack headphone 3.5mm di bagian bawah.

Spesifikasi dan Perangkat Lunak Nokia XR20

Nokia XR20 memiliki prosesor Qualcomm Snapdragon 480. HMD Global telah menggunakannya di banyak smartphone dalam setahun terakhir, tetapi kebanyakan dari mereka tidak pernah sampai ke India, dan XR20 adalah yang pertama membuatnya di sini. Ponsel ini tersedia dalam konfigurasi tunggal dengan RAM 6 GB dan penyimpanan 128 GB. Ini juga menawarkan penyimpanan eksternal (hingga 512GB) berkat slot hybrid di baki SIM ganda.

Nokia XR20 mendukung beberapa pita 5G dan menawarkan siaga 5G ganda. Standar konektivitas termasuk Wi-Fi ac/ax, Bluetooth 5.1, NFC, dan sistem navigasi satelit biasa.

Ponsel ini memiliki baterai 4.630mAh dan dilengkapi dengan pengisi daya 18W di dalam kotak. Menjadi smartphone premium, ia juga mendukung pengisian nirkabel 15W, yang berfungsi dengan pengisi daya nirkabel apa pun yang kompatibel dengan Qi.

Smartphone tangguh ini hadir dengan Android 11. Ini adalah bagian dari program Android One, dan HMD Global menjanjikan pembaruan perangkat lunak selama tiga tahun. Perangkat lunak ini hampir tersedia dengan sedikit penyesuaian Nokia. Ada aplikasi kamera khusus dengan mode foto Pro dan Bioskop. Anda dapat menyesuaikan suhu warna layar menggunakan pengaturan white balance di aplikasi Pengaturan. Sementara sebagian besar aplikasi pra-instal adalah default dari Google, saya menemukan aplikasi Netflix dan Spotify setelah mengatur telepon. Mereka dapat dihapus jika tidak diperlukan.