Spesifikasi dan Software Oppo Reno 5 Pro 5G

Oppo Reno 5 Pro 5G juga sangat tipis dan ringan, dengan ketebalan 7.6mm dan berat hanya 173g. Bagian atas datar memiliki tulisan “Dirancang untuk Reno”, sementara ada baki SIM ganda, port USB Type-C, dan satu speaker di bagian bawah. Build quality juga bagus, meskipun ponsel ini memiliki bingkai plastik, dan kamera belakang nyaris tidak menonjol sama sekali.

Oppo Reno 5 Pro 5G adalah MediaTek Dimensity 1000+ SoC, yang dibangun berdasarkan proses 7nm yang terdiri dari empat ARM Cortex-A77 dan empat ARM Cortex-A55 core. Ini memiliki modem 5G built-in dan mendukung konektivitas nirkabel seperti Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5.1. Reno 5 Pro menjalankan ColorOS 11.1, yang didasarkan pada Android 11.

Saya menemukan presentasi yang sangat baik. Kecerahannya lebih dari cukup, dan bahkan di bawah sinar matahari, isinya sangat terbaca. Di dunia nyata, Reno 5 Pro 5G dapat menangani aplikasi dan game yang menuntut dengan relatif mudah.

Oppo Reno 5 Pro 5G adalah paket yang bagus secara keseluruhan untuk harganya. Ini fitur desain yang sangat baik, layar hidup, masa pakai baterai yang lama, pengisian ultra-cepat dan kamera efisiensi tinggi. Kualitas video dapat ditingkatkan, terutama dalam cahaya redup, dan saya ingin melihat stabilisasi pada 4K. Tidak ada salahnya untuk memiliki speaker stereo juga.

Spesifikasi dan Software Oppo Reno 5 Pro 5G

Salah satu pembaruan besar di Oppo Reno 5 Pro 5G adalah MediaTek Dimensity 1000+ SoC, yang diumumkan kembali pada Mei tahun lalu dan kini baru tiba di India. Faktanya, ini adalah SoC Dimensity pertama yang memulai debutnya di smartphone di India. Ini menyaingi seri Snapdragon 865 Qualcomm dan dibangun di atas proses 7nm yang menampilkan empat ARM Cortex-A77 dan empat inti ARM Cortex-A55. Ini memiliki modem 5G built-in dan mendukung konektivitas nirkabel seperti Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5.1.

Oppo menawarkan Reno 5 Pro 5G dalam satu konfigurasi, dengan RAM 8GB dan penyimpanan 128GB. Ponsel ini juga memiliki baterai 4.350mAh (lebih besar dari Reno 4 Pro) dan teknologi pengisian cepat Super VOOC 2.0 65W yang sama.

Reno 5 Pro menjalankan ColorOS 11.1, yang didasarkan pada Android 11. Ini agak mirip dalam tampilan dan fungsi dengan apa yang telah kita lihat sebelumnya di smartphone Oppo sebelumnya. Versi terbaru menampilkan kustomisasi besar-besaran Oppo, dan harus tetap akrab bagi pengguna Oppo saat ini. Anda dapat mengubah tampilan tampilan jam yang selalu aktif, dan bahkan memilih dari tiga intensitas mode gelap yang berbeda. Ada menu Game Space yang sedikit dimodifikasi yang dapat dipanggil saat bermain game, dan Anda dapat dengan cepat menerjemahkan teks di tangkapan layar berkat Google Lens.

Anda mendapatkan banyak aplikasi pra-instal dari Oppo serta pengembang pihak ketiga, dan sebagian besar yang terakhir dapat dihapus. Aplikasi khas Oppo termasuk musik, browser, toko tema, dll., yang juga telah kami lihat di ponsel Oppo di masa lalu. Untungnya, saya tidak menemukan iklan atau pemberitahuan promosi yang tidak diinginkan dari aplikasi saham perusahaan.

Versi ColorOS ini juga memiliki fitur yang disebut FlexDrop yang memungkinkan Anda meminimalkan beberapa aplikasi ke jendela mengambang interaktif atau bahkan panel yang lebih kecil untuk dilihat saja. Hanya satu aplikasi yang dapat diminimalkan dengan cara ini pada satu waktu.

Performa dan Daya Tahan Baterai Oppo Reno 5 Pro 5G

Saya menggunakan Oppo Reno 5 Pro 5G selama sekitar satu minggu dan itu bekerja dengan baik. Saya tidak keberatan membawanya dengan telepon lain karena sangat ringan dan tipis. Sensor sidik jari dalam layar dan pengenalan wajah bekerja dengan sangat baik. Otentikasi biometrik menggunakan salah satu metode cepat dan mulus. 5G adalah sesuatu yang belum dapat saya uji di sini di India, tetapi 4G VoLTE bekerja dengan baik dan saya tidak memiliki masalah dengan kualitas panggilan.

Saya menemukan presentasi yang sangat baik. Kecerahannya lebih dari cukup, dan bahkan di bawah sinar matahari, isinya sangat terbaca. Warnanya kuat yang membuat menonton video menjadi pengalaman yang menyenangkan. Video HDR terlihat cukup bagus, baik secara lokal maupun saat diputar melalui YouTube, tetapi Netflix tidak dapat mendeteksi kemampuan HDR layar di unit ulasan saya. Kecepatan refresh 90Hz membuat menggulir menu dan memberi banyak cairan. Suara stereo akan melengkapi pengalaman konsumsi media, namun sayangnya ponsel ini hanya memiliki satu speaker.